4 Pilihan Jalur Mendaki Gunung Lawu

4 Pilihan Jalur Mendaki Gunung Lawu

October 12, 2019
Artikel

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung di Indonesia yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sarat dengan adat budaya yang masih kental di sana, berpadu dengan lengkapnya sajian panorama alam yang indah, membuat Gunung Lawu setinggi 3.265 mdpl ini begitu populer di kalangan pendaki.
Gunung Lawu terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885, dan telah lama tidak aktif. Saat ini Status gunung lawu adalah Gunung Api “Istirahat” meskipun begitu Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara).

Bagi Anda yang penyuka tantangan, track di pendakian Gunung Lawu merupakan pilihan yang tepat. Ada 4 pilihan jalur dengan track menantang yang wajib Anda ketahui sebagai pilihan jika ingin mencapai puncaknya, antara lain:

  1. Jalur Cemoro Kadang

    Jalur cemoro kandang merupakan jalur pertama yang bisa Anda pilih untuk mencapai puncak Gunung Lawu. Jalur yang dikenal memiliki jarak tempuh paling panjang ini memiliki tantangan track yang bervariasi. Bukan hanya jalan datar, Anda juga akan melewati jalan menurun dan juga tanjakan.
    Ada 5 pos pendakian dengan 1 sumber air yang akan menjadi tantangan Anda di jalur ini. Adapun pintu masuk jalur cemoro kandang berada di Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah.

  2. Jalur Cemoro Sewu

    Jalur Cemoro Sewu merupakan jalur yang berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Tepatnya berada di 200 meter setelah basecamp Cemoro Kandang. Bisa dikatakan, base camp ini sudah cukup nyaman karena telah dilengkapi dengan kamar mandi dan musholla.
    Pada jalur ini, nantinya akan ada 5 pos pendakian dengan 2 sumber air. Satu sumber berada diantara pos 1 dan basecamp, dan sumber kedua berada diantara pos 4 dan pos 5. Hal lain yang menjadi kelebihan dari jalur Cemoro Sewu yaitu jalanan pada jalur ini telah tertata rapi dengan vegetasi yang didominasi oleh hutan rimbun yang lebat.

  3. Jalur Candi Cetho

    Jalur Candi Cetho merupakan jalur pendakian Gunung Lawu yang banyak menjadi pilihan para pendaki. Pintu masuknya berada di Kompleks Candi Cetho. Lebih tepatnya di dusun Cetho, desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Jalur Cetho menyuguhkan pemandangan indah dengan latar yang berbeda, yaitu pemandangan candi dengan latar keindahan alam asri dari Gunung Lawu.
    Untuk jalur candi cetho, Anda akan dihadapkan dengan 5 pos pendakian dengan 1 titik sumber air yang terletak di pos 3.

  4. Jalur Jogorogo

    Berbeda dengan ketiga jalur sebelumnya, jalur jogorogo adalah jalur yang jarang digunakan para pendaki, baik pendaki pemula atau pendaki senior sekalipun. Sebagian mengatakan bahwa jalur yang berada di Desa Giri, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini dikategorikan sebagai jalur ilegal. Hal tersebut disebabkan karena memang track dan alam di jalur Jogorogo terbilang berbahaya.

Demikian informasi mengenai 4 jalur pendakian Gunung Lawu tersebut. Semoga setelah membacanya, Anda sudah bisa memutuskan jalur pendakian yang tepat untuk perjalanan Anda.

Jika anda ingin melakukan pendakian gunung, GunungTrip dapat membantu anda untuk membuatkan paket perjalanan pendakian lengkap dari perizinan, guide & porter (jika diperlukan) agar anda dapat lebih menikmati kegiatan pendakian anda, silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan informasi lengkapnya.