Carstensz Pyramid

January 16, 2020
Artikel

Secara umum, gunung ini tidak terlalu tinggi jika dibandingkan gunung-gunung yang masuk dalam Kategori Puncak Tertinggi 7 Benua, Carstenz Pyramid menjulang 4884 meter berada dalam gugusan Pegunung Jayawijaya, juga merupakan titik tertinggi dari gunung-gunung di Indonesia.

Bahkan Everest Basecamp ketinggiannya masih lebih tinggi dari Puncak Gunung ini. Secara umum kondisi temperatur paling ekstrem umumnya berada pada kisaran -15°C, namun curah hujan yang tinggi di dataran Papua, akan sangat merepotkan bagi para pendaki Carstensz Pyramid.

Meski tergolong rendah ketinggiannya, tetapi Carstenz Pyramid atau juga disebut Puncak Jaya ini merupakan salah satu dari 7 Puncak Tertinggi di Dunia yang memiliki karakter kesulitan tinggi, diperlukan skill khusus.

Skill khusus yang harus dimiliki pendaki untuk mencapai puncaknya antara lain : Pengetahuan dasar memanjat tebing, teknik ascending descending, dan butuh perhatian spesial untuk standard keamanan dalam melakukan pendakian karena lintasan pendakian untuk mencapai puncaknya harus melalui tebing yang 90% mengandalkan tali.
Disepanjang jalur pendakian sebenarnya terpasang tali rintisan jalur menuju puncak, masalahnya adalah kita tidak tahu tali yang dapat diandalkan karena usia tali yang beraneka ragam jadi dibutuhkan persiapan peralatan tersendiri untuk mengantisipasinya, disamping itu terdapat banyaknya titik-titik friksi yang menjadikan penggunaan tali rintisan lama menjadi semakin beresiko, dan resiko lain yang paling berbahaya adalah batuan jatuh, membuat pendakian ke Carstenz Pyramid dipandang memiliki resiko yang cukup tinggi.

Jika anda ingin melakukan pendakian gunung, GunungTrip dapat membantu anda untuk membuatkan paket perjalanan pendakian lengkap dari perizinan, guide & porter (jika diperlukan) agar anda dapat lebih menikmati kegiatan pendakian anda, silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan informasi lengkapnya.