Pendakian Gunung Sumbing

5 Jalur Pendakian Gunung Sumbing

October 11, 2019
Artikel

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa, terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Magelang.
Menjulang megah dengan ketinggian 3.371 Mdpl, berdampingan dengan Gunung Sindoro saat dilihat langsung terlihat seperti sangat dekat, terdapat Jalan Raya Provinsi yang menghubungkan Kota Wonosobo dengan Kota Temanggung membelah diantara kedua Gunung tersebut.
Karena lokasi keduanya berdekatan umumnya para pendaki yang berasal dari wilayah yang jauh melakukan dua pendakian sekaligus ke Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan indahnya, pendakian Gunung Sumbing bisa dilakukan melalui 5 jalur, antara lain:

01. Jalur Pendakian via Garung
Salah satu jalur yang direkomendasikan bagi pendaki pemula ini sangat cocok karena memiliki base camp yang mudah ditemukan. Perjalanan bisa dimulai dari Sumowo, Temanggung, kemudian Wonosobo, jika memang Anda berasal dari Kota Semarang dan sekitarnya.

Setelah sampai diperbatasan Temanggung dan Wonosobo, Anda bisa mengikuti jalur ke kiri yang dilengkapi papan petunjuk bertuliskan “Base camp Garung Gunung Sumbing”. Untuk mencapai Puncak Sejati melalui via Garung, total perkiraan waktu sekitar 8-9 jam.

02. Jalur Pendakian via Cepit Karakan
Walaupun bukan jalur yang menjadi pilihan utama para pendaki, namun jalur Cepit menyajikan pemandangan yang tidak kalah indah. Untuk jalur ini, base camp bisa Anda tempuh dari Rumah Sakit Ngesti Waluyo, yang memang letaknya dekat dengan Desa Cepitan.

Dari sana, Anda akan mendapatkan akses pendakian cukup mudah. Hanya dengan melewati tiga pos, Anda akan langsung sampai pada Puncak Buntu. Kira-kira dengan perkiraan waktu sekitar 7 jam perjalanan.

03. Jalur Pendakian via Mangli Kaliangkrik
Perjalanan pendakian dengan waktu relatif singkat, membuat jalur pendakian Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik begitu populer bagi para pendaki. Di mulai dari Desa Kalegen, Anda bisa langsung menuju Desa Mangli Kaliangkrik, Kabupaten Magelang untuk menuju bascamp.

Untuk sampai di puncak sumbing Anda akan dihadapkan dengan 4 Pos. Jika pendakian dilakukan dengan non-stop trekking. Anda hanya membutuhkan sekitar 6-7 jam saja.

04. Jalur Pendakian Via Bowongso
Meskipun tidak kalah populer, tetapi jalur Bowongso terbilang cukup sepi. Barangkali trek pendakian yang cukup sulit membuat jalur ini jarang dipilih, dan tidak direkomendasikan bagi pendaki pemula.

Untuk jalur ini, Anda hanya perlu menuju ke terminal Mendolo Wonosobo, Pasar Kertek, lalu berjalan menuju bascamp Bowongso. Untuk sampai puncak, umumnya pendakian membutuhkan waktu sekitar 7 jam.

05. Jalur Pendakian via Sipetung
Jalur sipetung merupakan jalur terakhir yang bisa Anda pilih. Perjalanan bisa Anda mulai dari Magelang, Wonosobo, kemudian menuju Gerbang desa Jambu Kecamatan Kledung yang berada di kiri jalan.

Anda tidak akan bingung jika memilih jalur ini. Karena memang papan petunjuk yang tersedia cukup banyak. Dari gerbang Anda bisa langsung menuju bascamp untuk memulai perjalanan pendakian, yang kira-kira membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam.

Itulah, 5 jalur pendakian Gunung Sumbing yang bisa menjadi pilihan untuk mencapai Puncak Sejati. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menyesuaikan jalur yang sesuai dengan kemampuan Anda. Semoga bermanfaat.

Jika anda ingin melakukan pendakian gunung, GunungTrip dapat membantu anda untuk membuatkan paket perjalanan pendakian lengkap dari perizinan, guide & porter (jika diperlukan) agar anda dapat lebih menikmati kegiatan pendakian anda, silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan informasi lengkapnya.