Gunung Gede

Penting! 3 Jalur Pendakian Gunung Gede yang Harus Anda Ketahui

October 15, 2019
Artikel

Gunung Gede adalah salah satu gunung berapi aktif yang cukup popular sebagai destinasi Pendakian, membentang anggun dengan tinggi 2.958 mdpl, dari kejauhan Puncak Gunung Gede terlihat bersanding dengan Puncak Gunung Pangrango. Keduanya berada dalam satu kawasan yang dikenal dengan nama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).
Untuk mendaki Gunung Gede terdapat 3 jalur pendakian resmi yang dapat dijadikan pilihan rute pendakian. Dalam hal pemandangan, gunung Gede memiliki pemandangan asri dengan kekayaan flora dan fauna yang sangat banyak. Kekhasan ekosistem alamnya juga ikut menjadi pengaruh utama para pendaki melakukan pendakian Gunung Gede ini. Sebelum melakukan pendakian ada baiknya kita mengenal informasi jalur pendakian sebagai bahan persiapan sebelum berangkat mendaki, 3 jalur resmi pendakian gunung gede adalah sebagai berikut:

01. Jalur Pendakian Via Cibodas
Jalur pendakian Cibodas merupakan jalur favorit yang banyak diminati oleh para pendaki. Hal itu dikarenakan, jalur ini menyediakan perjalanan trek yang menyenangkan. Bisa dibayangkan, disepanjang pendakian Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Mulai dari telaga biru, kawasan rawa gayonggong, menyeberangi aliran air panas, hingga air terjun Panca Weuleuh yang terdapat beberapa menit selepas Pos kandang batu (Biasa digunakan untuk mengambil air, jika menginap di kandang batu karena air di dekat Pos kandang batu mengandung belerang dan kurang baik untuk diminum).


Biasanya pendaki yang melalui cibodas akan mendirikan camp di Kandang Badak untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian ke Puncak Gunung Gede pada dinihari sekitar pukul 03.00. Di area Kandang Badak terdapat sumber air & mushola.




Mata Anda akan kembali dimanjakan ketika telah sampai pada puncak Gunung Gede, saat cuaca cerah terlihat megah bentang alam sejauh mata memandang, di gunung gede terdapat empat kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Wadon, Kawah Lanang, dan Kawah Baru.

02. Jalur Pendakian via Gunung Putri
Jalur Gunung Putri merupakan jalur kedua yang bisa Anda pilih untuk pendakian Gunung Gede. Dibandingkan dengan jalur sebelumnya, jalur gunung putri memang memiliki jalur trek yang lebih sulit. Ada beberapa medan terjal dan juga trek yang cukup curam, seperti saat Anda memasuki kawasan hutan tropika, sekitar Tanah Merah, dan juga sekitar Lawang Seketeng.

Bagi Anda yang belum pernah melewati jalur pendakian Gunung Gede ini, Pos Jaga Gunung tempat pemeriksaan simaksi, merupakan titik awal perjalanan pendakian. Dari sana, perjalanan berlanjut menuju trak dengan melewati hutan pinus yang dikelola KPH Perhutani Cianjur, dan juga ladang. Selanjutnya, menuju trek hutan tropis, Tanah Merah, Legok Leunca, Buntut Lutung, menuju jalur Lawang Seketeng, kemudian mengambil jalan lurus ketika sampai di Simpang Maleber untuk menuju Alun-Alun Timur Suryakencana.

03. Jalur Pendakian via Selabintana
Bagi pemula, jalur pendakian ketiga ini sangat tidak disarankan untuk menjadi pilihan. Hal itu dikarenakan jalur Selabintana merupakan jalur yang memiliki trek pendakian terpanjang di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan terbilang cukup sulit dilewati.
Pada awal perjalanan, selepas basecamp pada jalur Selabitana anda harus melewati hutan dengan banyak pacet yang siap menghisap darah anda.
Namun jika anda benar-benar ingin menikmati jalur pendakian yang lebih tenang dan asri karena jalur ini tidak terlalu banyak dilewati seperti jalur cibodas dan gunung putri, jalur pendakian selabintana ini dapat menjadi pilihan yang pantas, disarankan untuk melakukan persiapan fisik dan logistik yang lebih terencana.
Oleh karena itulah, bagi pemula jalur Cibodas lebih disarankan untuk dipilih dibandingkan jalur Selabintana ini.

Demikian pembahasan singkat mengenai 3 jalur pendakian Gunung Gede yang harus Anda ketahui. Meskipun singkat, setidaknya informasi di atas bisa sedikit memberikan gambaran pilihan jalur pendakian yang tepat.

Jika anda ingin melakukan pendakian gunung, GunungTrip dapat membantu anda untuk membuatkan paket perjalanan pendakian lengkap dari perizinan, guide & porter (jika diperlukan) agar anda dapat lebih menikmati kegiatan pendakian anda, silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan informasi lengkapnya.